Selasa, 11 September 2012

Di Malaysia WNA Juga Bisa Membeli Rumah Tapak




Dengan regulasi yang tidak rumit, pasti serta diimbangi dengan penegakan hukum yang tegas, Singapura dan Malaysia tak ragu mengikuti langkah Cina, Hongkong, Inggris, USA dan negara besar lain yang menjual produk propertinya ke orang asing. Hasilnya, selain memperoleh keuntungan finansial, citra negara-negara tersebut d mata kalangan investor pemilik modal juga bagus.

Dari sisi luas negara,  Singapura atau Malaysia jelas tak sebanding dengan Indonesia. Tapi kedua negara tersebut tidak ragu dan takut membuka keran hak kepemilikan properti ke konsumen asing. Bahkan Singapura yang luasnya masih kalah dibanding Bogor, justru berani memberi label “hak milik” alias freehold bagi konsumen yang mau membeli unit properti.

Tetapi tidak serampangan, Pemerintah Singapura tegas melarang penjualan properti residensial berlabel low cost housing bagi konsumen asing. Jangankan asing, warga Singapura tidak bisa sembarangan memiliki hunian murah. Langkah ini dimaksudkan agar hunian murah di negara Singa itu jatuh ke tangan berhak. Bahkan Pemerintah Singapura mengucurkan subsidi bagi masyarakat yang tidak mampu membeli hunian.

Hasilnya, penyediaan hunian murah tak terganggu oleh lonjakan harga properti komersial. Salah satu cara pemerintah Singapura mengendalikan harga properti adalah menguasai lahan dan pajak tinggi untuk properti komersial.

Semua lahan di negara itu dikuasai Pemerintah. Bahkan peruntukan semua lahan juga sudah jelas dan tercantum secara transparan yang diatur kepemiikannya oleh Urban Redeverlopment Autority (URA). Dari lembaga yang yang berada di bawah kendali Minister National of Development.

Sehingga pengembang juga tidak bisa seenaknya menguasai lahan dan membangun semau-maunya. Tak ada cerita sogok menyogok agar pengembang bisa menguasai suatu lahan untuk membangun proyek properti. Namun kalaupun sudah ada bangunan di sana, maka Pemerintah akan mengganti biaya pemilik unit hunian. Bahkan, tak tanggung-tanggung, pemerintah mengganti kerugian pemilik unit hunian sampai empat kali lipat dari harga hunian tersebut. Hal itulah yang dikupas pada edisi bulan lalu.

Lalu Bagaimana Dengan Malaysia?

Sejak lama Pemerintah Malaysia membuka keran hak kepemilikan properti bagi konsumen asing. Namun Malaysia tak sembarangan mengizinkan konsumen asing membeli produk properti komersialnya. Caranya, setiap orang asing yang ingin membeli unit properti komersial di negara itu, harus menitipkan deposit dana. Itupun setelah unit yang dibelinya sudah dibayar lunas.


"Asing bisa miliki, sifatnya permanent household," kata General Manager Property Division (South) SP Setia Bhd Group, Hoe Mee Ling, kepada wartwan dan sejumlah pengurus DPP dan DPD REI dalam rangka studi kepemilikan asing di negara tersebut. Hal inilah yang membedakan dengan Singapura dimana terdapat masa berlaku hak milik maksimal 99 tahun.

Untuk mencegah terjadinya gesekan dengan warga lokal, pemerintah Malaysia membatasi batasan harga maksimal RM 500 ribu bagi asing membeli properti.
Tidak hanya harga, jumlah unit yang berhak dibeli asing juga dibatasi. Pada setiap proyek, ada batas tertentu antara 20%-50%.

Untuk segmen porperti kelas atas presentase pemilikan asing lebih tinggi. Format pembelian melalui KPR juga dibuka luas oleh perbankan. Asing bisa meminjam dana (Loan to Value) hingga 70%. Suku bunga KPR relatif lebih rendah, 5%-6%.
"Di sini asing bebas membeli properti dengan status hak milik, tapi kami memberikan batasan kuota untuk mereka, misalkan 20-40 persen," kata Hoe Mee Ling.
Sementara itu, pajak (stamp duty) yang dikenakan kepada orang asing mencapai RM10 ribu, berlaku untuk pembelian kondominium maupun landed house.
"Dulu pajak yang pemerintah berlakukan untuk asing sebesar 100 persen, tapi sekarang sudah diturunkan menjadi 10 persen saja," tambah Hoe.
Menurutnya, pembeli asing banyak berasal dari Singapura, China, Indonesia, dan negara lainnya. Harga terendah dari rumah yang dibeli sebesar RM500 ribu. "Jika mereka ingin membeli properti lebih dari satu unit juga bisa, tapi syaratnya melapor lagi dan mendapatkan izin baru. Rumah tersebut pun bisa diwariskan kalau di sini, kalau di Singapura kan tidak bisa," papar Mee Ling.

Sementara itu, Sekjen International Real Estate Federation (FIABCI) untuk Asia Pasifik, Rusmin Lawin mengatakan, peraturan kepemilikan asing di Malaysia dapat dicontoh pemerintah Indonesia.

"Untuk asing membeli properti di Malaysia memang lebih enak, karena bisa juga dibeli rumah tapak, tidak hanya high rise. Batasan perumahan boleh lah. Kita juga bisa batasi harga dan kuotanya. Kaum ekspatriat di Indonesia kan punya uang dan kerja, jadi mereka bisa jadi pasar yang potensial," kata Rusmin di sela-sela Media Group Property Visit di Johor Baru, Malaysia.
Kebijakan ini terbukti berhasil diterapkan di Singapura. Sejak diterapkan pada 1972, kebijakan ini menghasilkan pundi-pundi uang untuk negara kecil tersebut. Hal tersebut dikatakan salah satu agen real estat di Singapura, Institut of Estat Agents (IEA) Singapore.
"Pemilik asing (foreigner) diberi kemudahan untuk membeli properti. Tentu saja itu mudah, sebab orang membeli di kami otomatis uang masuk terus. Dan negara yang kecil seperti Singapura ini tentu membutuhkan modal besar yang bersumber dari luar. Maka tak heran jika sektor properti, memberi kontribusi sekira 17 persen pada pendapatan per kapita (GDP) Singapura," ujar Assistant Honorary Treasurer IEA Subash Chandran Pillay di kantornya, di HBD Hub Singapura.
Kawasan Iskandar

Malaysia menyiapkan kawasan terpadu baru untuk mengakomodir orang Singapura untuk berinvestasi yang terletak di Johor Bahru. Layaknya Batam, proyek yang diberi nama Iskandar Development menjadi surga investasi baru dengan penawaran iklim investasi terbuka.

Iskandar Development Region sengaja diciptakan sebagai koridor pengembangan utama di wilayah Selatan. Awalnya proyek ini dikelola oleh Iskandar Development Authority (IRDA).
Proyek Iskandar mencakup 2.217 km persegi, mulai dari kota Johor Bahru dan wilayah sekitarnya yakni Pontian, Senai, Pasir Gudang dan pembangunan ibukota pemerintahan baru di Nusajaya. Banyak pengembang swasta yang terlibat, salah satunya SP Setia Bhd Group yang menggarap kompleks perumahan mewah Setia Eco Gardens dan Setia Business Park.

General Manager Property Division (South) SP Setia Bhd, Hoe Mee Ling mengaku, pendirian Eco Gardens dan Business Park bertujuan meningkatkan investasi di selatan Malaysia. Target utamanya pemodal asal Singapura.
"Singapura banyak masuk, berinvestasi karena biaya buruh di sini lebih murah dibandingkan di sana. Untuk masuk Malaysia, ada kartu khusus, hingga tidak perlu dokumen paspor," paparnya.

16 komentar:

Chloe Morrison mengatakan...

Halo, saya Ibu Chloe, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? menemukan lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: chloemorrisloanfirm@gmail.com
Catatan: kami tidak mengenakan biaya bagi pelanggan kami

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis mengatakan...

Keamanan sentiasa bersama anda! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari kuala Lumpur di Malaysia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi ramai peminjam di sini adalah artis dan mereka berada di sini untuk menipu anda dengan wang anda. Saya meminjam kira-kira RM100,000,000 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan kira-kira 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapat pinjaman, Tuhan adalah mulia, saya berjumpa dengan talian kawan yang memberi kesaksian tentang bagaimana dia memohon pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada PUSAT RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya memohon RM500,000,000, saya fikir ini adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam masa kurang daripada 24 jam hanya 2% tidak bercagar. Saya sangat gembira kerana saya hidup dalam kemiskinan. Jadi saya cadangkan semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui e-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com facebook itu: (rika.anderson.5648), Nombor Whatsapp: +14075125166
Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih kerana membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberikan kita panjang umur dan kemakmuran

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis mengatakan...

Keamanan sentiasa bersama anda! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari kuala Lumpur di Malaysia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi ramai peminjam di sini adalah artis dan mereka berada di sini untuk menipu anda dengan wang anda. Saya meminjam kira-kira RM100,000,000 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan kira-kira 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapat pinjaman, Tuhan adalah mulia, saya berjumpa dengan talian kawan yang memberi kesaksian tentang bagaimana dia memohon pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada PUSAT RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya memohon RM500,000,000, saya fikir ini adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam masa kurang daripada 24 jam hanya 2% tidak bercagar. Saya sangat gembira kerana saya hidup dalam kemiskinan. Jadi saya cadangkan semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui e-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com facebook itu: (rika.anderson.5648), Nombor Whatsapp: +14075125166
Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih kerana membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberikan kita panjang umur dan kemakmuran

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis mengatakan...

Keamanan sentiasa bersama anda! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari kuala Lumpur di Malaysia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi ramai peminjam di sini adalah artis dan mereka berada di sini untuk menipu anda dengan wang anda. Saya meminjam kira-kira RM100,000,000 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan kira-kira 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapat pinjaman, Tuhan adalah mulia, saya berjumpa dengan talian kawan yang memberi kesaksian tentang bagaimana dia memohon pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada PUSAT RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya memohon RM500,000,000, saya fikir ini adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam masa kurang daripada 24 jam hanya 2% tidak bercagar. Saya sangat gembira kerana saya hidup dalam kemiskinan. Jadi saya cadangkan semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui e-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com facebook itu: (rika.anderson.5648), Nombor Whatsapp: +14075125166
Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih kerana membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberikan kita panjang umur dan kemakmuran

Victoria Alberto mengatakan...

Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp6.000.000, juta rupiah karena saya membutuhkan modal besar Rp300,000,000.million rupiah saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan lagi ini terjadi. pada Maret 2017, saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Nyonya Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga suka menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Nyonya Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika kamu ragu. tolong dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

catherine william mengatakan...

CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY adalah pemberi pinjaman internasional dan investor perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis Pembiayaan Investasi termasuk Reksa Dana, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Komersial untuk Perusahaan, Pinjaman Real Estate, Tanah dan Konstruksi, dan pinjaman sepanjang jalan. Untuk jumlah pinjaman yang jatuh antara $ 5.000,00 hingga $ 50.000,00 di bawah 2% sementara itu dari $ 50.000 hingga $ 250.000 ditetapkan pada 2%. Dan itu dari $ 250.000 hingga $ 500.000,00 adalah 2% (Dijamin). Dan dari itu menjadi $ 10.000.000,00 adalah 2% Tanyakan mengapa, saya akan memberitahu Anda. Per annul. Untuk melanjutkan .. Berikut adalah surat perusahaan (catherinewilliamloancompany@gmail.com)

AMISHA mengatakan...




Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis mengatakan...

Kedamaian selalu bersamamu! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka ada di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda. Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu seorang teman online yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada IBU. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya menerapkan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com facebook-nya: (rika.anderson.5648)
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis mengatakan...

Kedamaian selalu bersamamu! Nama saya Ny. Nabilah Ashraff dari Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati untuk mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka ada di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda. Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta dolar jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu seorang teman online yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada IBU. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya menerapkan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. Rika Anderson, melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nabilahashraff@gmail.com Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

charity white mengatakan...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Anonim mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY di salah satu blog saya menghubungi ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
dia BBM INVITE:{D8980E0B}
Calls Only ::{ 12542276869}
WhatsApp Only::{ 33753893351}

Moga Bestari mengatakan...

ADAKAH ANDA MASIH TERTANYA-TANYA DI MANA UNTUK MENDAPATKAN PINJAMAN TULEN???
Di mana dan bagaimana untuk mencari syarikat yang tulen untuk mendapatkan pinjaman kekal satu cabaran besar kerana terdapat begitu banyak pemberi pinjaman palsu dalam talian. Saya juga mempunyai ketakutan dan saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu pada masa lalu sehingga rakan saya memperkenalkan saya kepada Syarikat yang tulen yang dipanggil pinjaman Imperial. Tetapi di sini adalah penyelesaian. Pada mulanya saya fikir ia adalah semua jenaka sehingga saya menerima mesej daripada Bank saya selepas 3 hari menghantar permohonan saya bahawa wang itu benar-benar dipindahkan ke akaun bank saya. Saya terkejut untuk mendapatkan pinjaman tanpa tekanan. Tiada kos tersembunyi, tiada cagaran yang diperlukan, tiada kertas kerja yang terlalu banyak. Jika anda ingin mendapatkan pinjaman tulen, hubungi e-mel mereka dengan segera (imperialincorporated1@gmail.com) saya berkongsi maklumat ini di sini kerana saya tidak boleh menyimpannya kepada diri saya sendiri. Saya berjanji anda, anda akan kembali ke sini untuk memberitahu kesaksian anda sendiri dan berterima kasih kepada saya kemudian. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman segera, hubungi mereka sekarang dan anda akan gembira anda lakukan. Anda boleh menghubungi saya e-mel jika anda memerlukan maklumat lanjut daripada saya bagaimana untuk mendapatkan pinjaman daripada mereka melalui dendisetiewan@gmail.com

RIKA NADIA mengatakan...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Pak. WIDODO mengatakan...

Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

Yeyes Ristintares mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk Anda pinjaman

Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com