Minggu, 04 Januari 2009

Untung Pasar Domestik Kita Masih Besar..

Di dalam musibah selalu terselib kata untung..demikian juga ketika negeri ini masuk dalam pusaran krisis ekonomi global ...kata untung itu kembali muncul..untung ekspor kita tidak besar sehingga akibatnya tak separah negara2 yg memiliki pangsa pasar ekspor besar...seperti Singapura dan Malaysia.. Maklum menurut data Menkeu.Pendapatan negara disumbangkan oleh 70% pasar domestik...pangsa pasar yg ketika kondisi ekonomi normal nyaris luput untuk dikembangkan..
karena itu saatnya fokus pengembangan potensi pasar domestik menjadi prioritas utama kebijakan ekonomi pemerintah ke depan.. Fokus dengan pasar domestik akan mampu menyelamatkan masyarakat dari imbas krisis..
Langkahnya?...Jagalah daya beli masyarakat..Negara harus.... sekali lagi harus melibatkan produsen dalam negeri pada semua proyek negara. bahan yang kompoenenya diproduksi dalam negeri maksimalakn dalam pengerjaan proyek negara..
Kemudian berikan insentif berupa pembebasan PPN kepada dunia usaha yang betul2 dominan memakai komponen bahan baku dalam negeri serta menyerap banyak tenaga kerja...Jangan lupa berantas pungli penyebab ekonomi biaya tinggi agar harga produk yang dihasilkan terjangkau dan pasarnya terjaga..Ingat berantas dengan serius penyeludupan..jangan biarkan produk seludupan itu menghancurkan industri domestik..
Mudah-mudahan jika langkah itu dilakukan beban ekonomi akan terasa lebih ringan..Saat ini bukan masanya bergantung pada luar negeri..maklum merekapun kini sedang panik memikirkan diri sendiri..Kekuatan itu ada dalam dari kita..Kita Bisa....!!!

Tidak ada komentar: